Friday, April 9, 2010

Rem Isuzu Panther Bagel (membatu)

Rem Isuzu Panther Blong membatu bagelMasalah yang sering terjadi di mobil Panther adalah kinerja rem yang kurang optimal, rem terasa bagel atau membatu. Pedal rem sudah diinjak sampai mentok namun kendaraan masih saja meluncur. Tentu saja ini sangat membahayakan, harus segera dicari penyebabnya dan diatasi, sebelum meminta korban.

Gejala rem membatu atau bagel bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya kampas rem, master rem atas - bawah dan booster (vakum rem). Kampas rem yang mengeras atau kualitas yang kurang baik akan menyebabkan gesekan yang kurang antara kampas dan tromol atau cakram. Master rem yang sudah mengeras karet atau sealnya mengakibatkan tekanan dari pedal tidak didistribusikan secara optimal. Sedangkan vakum rem (brake booster) yang tidak berfungsi membuat pengemudi hanya mengandalkan tenaga kaki untuk mengoperasikan rem. Tentu saja terasa berat.

Khusus untuk vakum rem (brake booster) periksa seal nya apakah sudah mengeras atau sobek. Jika ini terjadi, kevakuman bocor sehingga tenaga vakum kurang kuat. Periksa juga selang vakum nya. karena kebocoran bisa terjadi di sana. Karena Panther ini adalah mobil diesel, seperti mobil berbahan bakar solar lainnya, kevakuman di brake booster tidak berasal dari intake manifold melainkan dari alternator. Periksa apakah terdapat kevakuman yang cukup di bagian belakang altenator (dalam mobil diesel, karena intake tidak terdapat kevakuman yang cukup, alternator juga dilengkapi komponen yang berfungsi sebagai pompa vakum).

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home